Saturday, September 09, 2006

Penggosip by Afifa

“Eh, asal lo, lo pada tau ye, gue baru aje pulang dari….Kampung!! He, he, he! ”Canda Bino membuat seisi kelas tertawa saat istirahat. Gue Winda, gue anak kelas 3 SMP, kata orang…aku tuh cuek banget, dan apa-apa asal aja, padahal gue rasa gue gak gitu deh…Tapi it’s oke, gue nyabar aja. Sekarang nih langsung aja…1 tahun yang lalu, gue agak-agak gimana gitu sama Tya, anak jilbaber tapi ngomongnya kaya’ ember! Duh! ( Hi..hi..hi, sori ye!) Tapi bener loh, dia itu terkenal dengan gosipnya yang kata orang peddeeessss banget (Emang terasi?). Kata-katanya menghujam hati, siapapun yang ‘keciprat’, pasti pada yah…gitu deh.

Sekarang ini, matahari lagi di atas, Jakarta panas banget! Giling, gini hari mesti naik angkot. Ah…rasanya capek banget, nyampe rumah peer udah segudang! Mendingan gue hari ini naik taksi atau nebeng temen…udah terlanjur mau gimana lagi, rumahku tinggal 3 blok lagi dari sini,sabar, sabar! Eh…kok ada dia…? Dia naik apa? Itu mobil dia, wah..tajir bener tuh orang, bagi dong hartanya…,”Neng, mau kemane? ”Kata mas angkot membuatku tersadar dari lamunan, ”Ke..Jalan Merpati, Bang! ”,” Walah…neng gimane sih, ini udah lewat! Kalo mau turun, disini aje, gak terlalu jauh, kan? Lagian pake ngelamun! ”Kata mas angkot memberhentikan mobil angkotnya,”Sori, Bang! Nih uangnya, makasih bang udah ngingetin…”Kata gue malu banget. Mas angkot membalas,”Ye..jarang-jarang ada tukang angkot baik kaya gue, ye udeh! ”Huh….selamet, selamet!

Gue masuk ke kamar gue, nyalain AC, ganti baju, tiduran sambil nonton. Terbesit dipikiranku, wajah Tya 1 tahun lalu, yang pernah ngegosipin tentang gue…masa lalu yang pahit, gara-gara itu gue diledekin selama 1 bulan, dari junior ampe guru-guru gue, coba! Tapi..untung lama-lama orang melupakan hal itu, dan semua kembali normal. Dulu gue dan Tya termasuk dekat, dari kelas 1 SMP, ke mal bareng, blajar bareng…tapi sejak kelas 2, sikapnya berubah 180°! Lalu dia kembali ngegosipin gue, dia bilang kalo gue sebenernya gak naik kelas, tapi gue nyogok sekolah..Gak banget!!! Masih banyak banget gossip-gosip pedas Tya tentang gue…Gue nangis sendiri dikamar sambil memeluk boneka kucing kesukaan gue. Tapi, esoknya tepatnya hari Senin, kudengar gosip pedas tentang Tya, katanya Tya digosipin sama ‘korban’ gosipnya Tya, dibilang Tya itu PSK, dan cewek ‘nakal’! Kulihat wajah Tya yang merah padam, butir air matanya jatuh ke pipinya, ia berlari keluar sekolah dan…truk besar yang sedang kecepatan tinggi menghantamnya, ia terlempar ke trotoar dan kondisinya mengenaskan, gue yang melihat langsung tidak sadarkan diri, gue gak inget apa yang terjadi setelah itu… Tersadar dari lamunanku di tempat tidur, aku merasa dingin, kututup tubuhku dengan selimut, sambil menitikkan air mata, dan berkata,”Tya, elo kemakan omongan lo sendiri.”

No comments: